Rabu, Februari 25, 2009

DESCRIPTIVE TEXT

Ada temen yang mau ke rumah kalian, trus karena belum pernah ke rumah kalian sebelumnya, kalian harus menjelaskan misalnya “rumahku di jalan Ahmad Yani nomer lima, di depannya ada pagar warna biru dan di halam ada pohon mangganya.” Nah, pasti kadang – kadang kita melakukannya khan?? Nah, sebenarnya yang kita lakukan itu adalah satu contoh “DESCRIBING”. Percakapan / dialog yang kita buat itulah yang namanya “DESCRIPTIVE TEXT”. Oh iya, buat pengetahuan kita kata “TEXT” disini tidak berarti harus teks tertulis, percakapan kita juga bisa disebut TEXT, namanya SPOKEN TEXT. Ok, sekarang mari kita lihat salah satu contoh “DESCRIPTIVE TEXT” dalam Bahasa Inggris. Kita nanti akan membahas GENERIC STRUCTURE, COMMUNICATIVE PURPOSE, serta LEXICOGRAMAR FEATURESnya.
DESCRIPTIVE TEXT
GENERIC STRUCTURE
The Golden Gate Bridge is a suspension bridge spanning the Golden Gate, the opening of the San Francisco Bay onto the Pacific Ocean. As part of both US Highway 101 and California Route 1, it connects the city of San Francisco on the northern tip of the San Francisco Peninsula to Marin County.
IDENTIFICATION
The Golden Gate Bridge had the longest suspension bridge span in the world when it was completed in 1937 and has become an internationally recognized symbol of San Francisco and California. Since its completion, the span length has been surpassed by eight other bridges. It still has the second longest suspension bridge main span in the United States, after the Verrazano-Narrows Bridge in New York City. In 2007, it was ranked fifth on the List of America’s Favorite Architecture by the American Institute of Architects.
DESCRIPTION
Ok, jadi dari contoh teks diatas kita tahu bahwa sebuah DESCRIPTIVE TEXT mempunyai GENERIC STRUCTURE sebagai berikut :
Identification : Identifies phenomenon ( Mengidentifikasi / pengenalan fenomena / hal yang dideskripsikan)
Description : Menggambarkan bagian, kualitas, maupun ciri – ciri)
Dari contoh DESCRIPTIVE TEXT diatas, kita juga bisa mengambil kesimpulan teantang ciri - ciri DESCRIPTIVE TEXT sebagai berikut :
The Use of Simple Present Tense (Penggunaan Simple Present Tense)
Focus on Specific Participant (Fokus kepada Hal / orang / tempat secara khusus)
Yap, dengan penjelasan diatas, kira - kira communicative purposenya apa ya?? Yap, descriptive text is aimed at describing a particular person, place or thing (Untuk menggambarkan orang, benda, atau tempat tertentu secara khusus). Ok, kalau sekarang udah pada ngerti DESCRIPTIVE TEXT, sekarang kalian sama temen - temen kalian bisa mulai melatih COMMUNICATIVE COMPETENCE kalian melalui teks ini. Kalian bisa berlatih SPEAKING dan LISTENING dengan saling mendeskripsikan suatu benda yang ada di kelas dan saling menebak apa benda yang dideskripsikan tersebut. Selanjutnya kalian bisa berlatih WRITING dan READING dengan mendeskripsikan selebritis yang kalian sukai dan kalian bacakan di depan kelas. Mari kita berDESCRIPTIVE ria!!!! Siapa takut????

3 komentar:

  1. thanks... it is very usefull for me....
    I like your blog...

    BalasHapus
  2. .ada tugas dari dosen nih..,
    .males cari referensi di buku sma..,
    .nyari di mbah Google nyambungnya ke sini..,
    .thx yawh....

    BalasHapus